Kunjungi Sponsor dibawah & Dapatkan Saldo Hingga Rp 200 Ribu! Promo!

Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkan SEO Website

Infopenida.com. Skor DA atau Domain Authority dan PA atau Page Authority merupakan salah satu barometer yang dapat kita jadikan standart dalam sebuah website mengenai kualitas kualitas dari website tersebut. Namun, bagaimana cara cek DA PA blog untuk kepentingan SEO?

Dalam sebuh website, semakin tinggi skor DA dan PA yang dimiliki website tersbut, maka semakin baik pula peringkat website di search engine result pages atau SERP Google.

Untuk Anda yang sedang menjalankan optimasi SEO pada website, istilah DA dan PA pasti akan sering Anda jumpai. Sebetulnya, apa sih yang dimaksud dengan Domain Authority atau DA dan Page Authority atau PA? bagaimana cara cek DA PA blog? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bersama pada artikel di bawah ini.

Baca Juga : 3 Trik Penting Video Diet Viral Tik Tok Digandrungi

Kami akan mengulas dengan jelas mengenai DA dan PA, fungsi dari DA dan PA, cara cek DA PA blog serta cara menaikkan DA dan PA.

Domain Authority atau DA

Domain Authority adalah sebuah acuan yang diberikan oleh MOZ kepada website atau blog untuk menentukan skor SEO. MOZ sendiri adalah tools SEO efektif dan dirancang untuk meningkatkan visibilitas pencarian sebuah website di search engine result pages.

Semakin besar nilai Domain Authority yang dimiliki maka semakin besar peluang tampil pada halaman pertama Google ketika search engine bekerja. Skala skor DA biasanya dimulai dari 1-100. Umumnya untuk website/blog memiliki skor DA yang relative kecil, semakin lama usia domain, skornya juga semakin meningkat dan semakin besar.

1. Lama Usia Domain

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah website atau blog yang telah lama berdiri tentu lebih dipercaya oleh para pengguna internet. Sehingga semakin tua usia sebuah domain, maka peringkat DA tentu akan bertambah juga. Pastikan website selalu diupdate secara berkala dan selalu berusaha untuk bisa memiliki konten-konten yang berkualitas.

Informasi atau konten yang update secara berkala dapat meningkatkan penilaian terhadap domain authority dalam sebuah website. Jika Anda sekarang telah memiliki website atau blog, maka sangat disarankan untuk melakukan update secara rutin dan berkala agar dapat meningkatkan nilai DA.

Baca Juga:Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

Anda juga bisa untuk menggunakan layanan hosting atau domain dengan harga yang terjangkau dahulu saat mulai. Semakin sering sebuah website yang sudah berumur melakukan update, maka Google akan memberikan skor DA yang tinggi pula.

2. Popularitas

Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah bahwa promosi dan pemberitahuan kepada pengguna internet mengenai popularitas sebuah website sangat penting. Semakin populer suatu website atau blog dapat menyebabkan ada banyak sekali backlink di mana link-link yang disebarkan oleh pengunjung website.

Beberapa teknik SEO dapat diterapkan guna menaikkan trafik pengunjung. Ada pula cara lain yang bisa dipakai untuk menaikkan popularitas sebuah website maupun blog yakni dengan jalan promosi.

Baca : 7 Rumus Excel Dasar yang Wajib Kalian Ketahui!

Dengan cara tersebut biasanya dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satu hal mudah yang bisa dilakukan adalah promosi di social media.

Page Authority atau PA

Cek Da Pa Blog

Page Authority adalah sebuah acuan yang diberikan oleh MOZ untuk menilai kulitas sebuah halaman dari website atau blog. Jika DA memprioritaskan Domain, maka PA memprioritaskan halaman dari website tersebut.

Semakin berkualitas PA, maka semakin besar pula skor page dan semakin berpeluang untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian. Skala skor dalam Page Authority biasanya menggunakan angka 1-100.

Skor PA ini dapat menjadi acuan Anda untuk mengetahui seberapa berkualitas konten dari sebuah halaman yang Anda produksi. Jika skornya stagnan dan tidak meningkat, maka Anda perlu melakukan audit demi memperbaiki konten yang Anda buat.

Biasanya untuk melihat skor DA PA saling berdekatan, kalaupun memiliki selisih biasanya tidak terlampau jauh. Sehingga keduanya seringkali dianggap satu kesatuan.

Perbedaan DA dan PA

Meski kedua istilah ini terdengar mirip, namun ada perbedaan di antara keduanya. Page authority berkaitan dengan peringkat halaman web tertentu, sedangkan domain authority berkaitan dengan otoritas domain keseluruhan dari sebuah situs web, yang mencakup semua halaman web di situs tersebut.

PA memberikan informasi mengenai halaman website. Sementara DA memberikan informasi mengenai Domain atau blog itu sendiri.

Cara Menaikan DA dan PA

Cek Da Pa Blog

Nah, jika Anda merasa skor DA dan PA anda terlalu rendah, maka Anda dapat mengusahakannya dengan beberapa cara berikut.

Ada banyak hal yang bisa Anda usahakan untuk meningkatkan skor DA PA Anda agar bisa muncul pada halaman pertama pencarian Google. Berikut kami sertakan cara menaikkan DA PA domain yang bisa Anda lakukan.

1. Optimalisasi konten

Optimalkan semua konten yang bisa dioptimalisasi pada mesin pencari seperti pada artikel, title, meta title, meta description, alt image dan sejenisnya. Dengan begitu akan mambpu membantu mengangkat skor PA dan DA.

2. Membuat konten yang berkualitas

Buatlah konten yang berkualitas, maksudnya di sini adalah konten yang seringkali menjadi rujukan untuk banyak website lain. Semakin berkualitas konten Anda buat, maka akan semakin banyak pula website yang memberikan rekomendasi backlink ke website Anda.

3. Perbanyak internal link pada website

Internal link membantu para pengunjung website untuk menemukan konten yang mereka cari. Meski terkadang banyak yang menganggap bahwa Internal link tidak begitu penting, namun internal link sangat membantu menaikkan skor DA dan PA Anda.

4. Hapus link yang tidak berkualitas

Link yang tidak berkualitas sangat berpengaruh dan memberi citra buruk pada website Anda. Sesekali lakukanlah pengecekan dan audit kembali, apakah ada link-link yang tidak terlalu penting dan berkualitas buruk.

Hapuslah link tersebut agar memberikan tempat bagi link lain yang berkualitas untuk menunjukkan skor baiknya.

5. Pastikan website yang Anda buat sudah mobile friendly

Jika website Anda belum mobile friendly, segera ubah dengan template yang mendukung tampilan mobile friendly, karena hal itu akan mempermudah pencarian pada pengguna ponsel. Selain Anda dapat melakukan optimasi loading website.

6. Tingkatkan kecepatan halaman website dalam pencarian

Dengan mengoptimalisasi kecepatan halaman website, tentu akan menjadi pertimbangan para pengguna mesin pencarian. Oleh karena itu pastikan website Anda memiliki loading time yang cepat untuk mempermudah para penggna mesin pencarian.
Anda dapat mengurangi ukuran gambar/script yang membuat loading website menjadi lambat.

7. Share ke sosial media

Sosial media menjadi salah satu faktor penentu skor domain dan page authority. Karena jumlah pengguna social media yang aktif sangat banyak, maka sangat memungkinkan bagi mereka untuk membuka website yang Anda bagikan.
Maka disarankan agar Anda selalu melakukan share tiap kali Anda memiliki konten baru ke berbagai sosial media yang dimiliki.

8. Jumlah referring domain

Semakin banyak referring domain berkualitas yang Anda dimiliki, maka semakin cepat pula skor DA/PA Anda meningkat pada website.

9. Backlink berkualitas

Yang terakhir adalah, pastikan Anda mendapatkan backlink dari website-website berkualitas yang memiliki skor DA/PA yang lebih tinggi. Hal ini akan membantu menaikkan Website Anda pada mesin pencarian.

Nah, demikianlah cara yang bisa Anda lakukan meningkatkan skor DA dan PA pada website Anda. Jika Anda telah melakukan hal-hal di atas, maka Anda pasti ingin mengetahui cra bagaimana mengecek skor website yang Anda miliki. Berikut kami sediakan cara cek DA PA blog Anda.

Cara Cek DA PA Blog

Setelah melakukan hal di atas, tentu Anda ingin melihat skor website yang Anda miliki. Untuk mengecek DA PA blog silakan ikuti arahan berikut. Berikut cara cek DA PA blog :

1. Pertama cara cek DA PA blog, Silahkan buka website MOZ.com pada browser yang Anda miliki untuk mengecek DA PA MOZ
2. Kemudian silahkan klik pojok kanan atas “Free SEO Tools”, sedangkan bagi Anda yang sudah terdaftar bisa langsung Login MOZ.com.
3. Kemudian masukan nama domain milik Anda pada “Analyze domain” untuk mulai mengecek DA PA skor di website milik Anda.
4. Silakan tunggu proses analyze selesai.
5. Setelah itu, pada bagian atas akan muncul Domain Authority, Linking Root Domains, Ranking Keywords dan Spam Score.

  • Domain Authority atau DA adalah skor yang sedang kita cari apabila Anda ingin mengecek DA.
  • Linking Root Domain adalah jumlah link dari website lain yang mengarah pada root domain di website Anda.
  • Ranking Keyword merupakan jumlah berapa banyak kata kunci yang ada pada domain yang sudah mendapatkan urutan ranking di SERP Google. Semakin banyak jumlahnya maka hasilnya akan semakin bagus pula.
  • Spam Score adalah perhitungan dari MOZ untuk menilai sebuah website berisi spam atau tidak, semakin sedikit nilai spam maka nilainya akan semakin bagus website tersebut.
  • Yang terakhir adalah Page Authority website, silahkan scroll ke bawah dan cari “Top Pages by Links” kemudian cari domain Anda. Maka akan mncul jumlah skor domain milik Anda.

Bagaimana, mudah bukan cara cek DA PA blog? Anda dapat mencoba mengecek domain yang Anda miliki. Mudah bukan, cara cek DA PA domain yang bisa Anda lakukan sendiri.

Jika Anda masih kesulitan dalam melihat DA PA pada website di atas, Anda juga dapat mencobanya pada website SEO checker melalui cara dibawah ini:

1. Silahkan membuka website websiteseochecker.com.
2. Setelah membuka website websiteseochecker.com, kemudian scroll kebawah dan temukan menu “Page Authority Checker”. Pada halaman itu lah Website Anda akan dilakukan pemeriksaan total skor.
3. Setelah dashboard terbuka, silahkan masukan domain yang akan Anda cek DA dan PA. DA PA Checker. Tunggu untuk mengkonfirmasi perizinan.
4. Setelah itu pilih “I'm not a robot” dan klik bagian “Check
5. Selesai. Anda dapat melihat skor DA PA blog atau website Anda.

Jika nilainya masih kecil, mungkin Anda perlu melakukan Audit dan memperbaiki isi dan kualitas konten pada website Anda. Namun jika skornya sudah lumayan tinggi, teruslah meningkatkan DA PA website Anda dengan cara yang sudah kami uraikan di atas.

Demikian sekelumit penjelasan kami mengenai cara cek DA PA blog Domain Authority dan Page Authority yang mungkin saja bermanfaat bagi Anda penggiat website. Selain memperhatikan kualitas, jangan lupa untuk juga tetap melakukan promosi agar nilai DA PA Anda terus meningkat.

Hai, Saya Made Gunawan. Suka Menulis dari pada Membaca ��

1 comment

  1. Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkan SEO Website
Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.
© Infopenida.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain