Simak! Kapan Hasil Seleksi Prakerja Gelombang 20 Diumumkan? Ini Prediksinya!

Infopenida.com., Para peserta yang sudah mendaftar Prakerja Gelombang 20 sedang mempersipakan mental dan menunggu untuk pengumuman hasil seleksi penerimaan bantuan dari program prakerja gelombang 20.

Walaupun masih tidak ada informasi resmi dari Penyelenggara Program Prakerja, perkiraan untuk kapan pengumuman hasil penerimaan dari seleksi prakerja dapat diprediksi dengan cara mempelajari proses pendaftaran prakerja pada gelombang 19 sebelumnya.

Kapan Hasil Seleksi Prakerja Gelombang 20 Diumumkan?

Simak! Kapan Hasil Seleksi Prakerja Gelombang 20 Diumumkan? Ini Prediksinya!
Secara umumnya yang telah kami rangkum, hasil seleksi lulus atau tidak akan diumumkan tiga hari setelah penutupan pendaftaran gelombang pada prakerja.

Pendaftaran Prakerja Gelombang 20 diprediksi akan ditutup pada tanggal 13 september 2021, kemudian untuk hasil seleksi lulus atau tidaknya akan diumumkan kisaran pada tanggal 16 hingga 17 September.

Walaupun seperti itu, tanggal pengumuman yang telah kami sebutkan tadi hanya sebatas prediksi saja. Pada dasarnya pengumuman hasil dari program prakerja gelombang 20 bisa lebih cepat bahkan bisa lebih lambat dari perkiraan kami. Lalu, bagaimana sih cara mengetahui status pendaftaran kita lolos atau tidaknya?

Terdapat tiga cara untuk dapat mengetahui diterima atau tidak-nya kita pada seleksi Program Prakerja.

1.Melalui SMS

Yang pertama jika sobat lolos, maka sobat akan menerima sebuah SMS yang isinya menyatakan sobat lolos sebagai peserta program prakerja. Jadi, selalu pantau sms dan cek secara berkala inbox SMS sobat.

Pastikan nomor telepon yang sobat daftarkan masih aktif dan masih bisa menerima sebuah SMS. Sebab, hanya peserta yang sudah lolos saja yang akan mendapatkan notifikasi SMS dari Prakerja.

2. Melalui Dashboard Program Prakerja

Selain menerima informasi lulus dari SMS, cara yang kedua yakni dengan mengunjungi situa prakerja kemudian masuk ke akun sobat di prakerja.go.id.
Simak! Kapan Hasil Seleksi Prakerja Gelombang 20 Diumumkan? Ini Prediksinya!

Jika sobat telah lolos atau diterima pada program prakerja, akan muncul status peringatan sebagai berikut: "Selamat datang (Nama Lengkap Sobat). Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7 x 24 jam hubungi CS."

Baca Juga : Kunci Jawaban Merancang Bisnis Katering bagi Manajer Katering

Sebaliknya jika sobat tidak lolos atau tidak diterima pada program prakerja, akan ada notifikasi peringatan pesan sebagai berikut: "Kamu belum berhasil :( Pendaftaran pada gelombang pilihanmu sudah memenuhi kuota. silahkan klik gabung pada gelombang lain yang tersedia di bawah."

3. Mendapatkan Notifikasi Melalui Email

Pada halaman situs resmi prakerja.go.id, telah dinyatakan bahwa peserta yang lolos akan menerima notifikasi pemberitahuan melalui email yang telah didaftarkan. Namun begitu, ada beberapa pengaduan dari para peserta yang telah lolos program prakerja yang tidak menerima notifikasi pemberitahuan dari Email.

Sebab dari itu cara yang ketiga menurut kami kurang bisa di andalkan.

Bahkan sudah disampaikan oleh Pihak Prakerja melalui postingan dari Instagram mereka sendiri, sebagaimana telah disampaikan pengumuman hasil seleksi dilakukan hanya melalui dua cara, yaitu dari notifikasi SMS serta melalui pengecekan dari akun dashboard akun Prakerja.

"Pengumuman untuk penerimaan seleksi gelombang yang akan disampaikan melalui notifikasi sms, atau sobat juga bisa login ke akun Prakerjamu, dan melihat perubahan status sobat pada program pakerja," seperti itu yang disampaikan oleh pihak prakerja sendiri.

Berapa Jumlah Insentif Prakerja?

Pada program Kartu Prakerja ini, setiap peserta yang lolos dan sudah mentautkan E-Wallet serta sudah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta serta insentif Rp 600 ribu setiap bulan selama empat bulan.

Selain dari pada itu, calon peserta yang lulus juga akan mendapatkan tambahan sebesar Rp 50 ribu setiap kali menyelesaikan survei untuk tiga kali survei. Sehingga untuk total intensif yang akan didapat peserta sebesar Rp 3,55 juta per orang.

Siapa yang Berhak Mendaftar Prakerja?

Program pada Kartu Prakerja ini diutamakan bagi para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Setiap calon peserta yang ingin mendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.