Advertisement

Nusa Penida, Infopenida.com – 4 Festival Budaya diselengarakan Setiap Tahun, Pulau bali gak hanya terkenal dengan wisata alamnya namun juga memiliki banyak sekali tradisi adat dan budaya di dalamnya.

Masyarakat bali percaya akan tradisi dan budaya nenek moyang yang diwariskan turun temurun sehingga wajib dillestarikan agar tidak hilang atau punah dimakan oleh jaman yang semakin modern.

4 Festival Budaya diselengarakan Setiap Tahun

4 Festival Budaya diselengarakan Setiap Tahun
4 Festival Budaya diselengarakan Setiap Tahun

Maka dari itu masyarakat bali berupaya untuk terus melestarikan budayanya dengan memperkenalkan budaya dengan menyelenggarakan festival kebudayaan

Berikut adalah 4 festival kebudayaan yang di selenggarakan setiap tahun di bali.

1. Festival Layangan (Rareangon)

Bermain layang-layang bukan hanya sekedaar hobi bagi masyarakat bali, namun sudah menjadi tradisi yang wajib digelar setiap tahunnya.

Biasanya festival layang-layang diselenggarakan pada bulan juli hingga oktober dikarenakan pada bulan-bulan ini sudah memasuki musim kemarau dan musim angin sehingga memungkinkan untuk menerbangkan layang-layang.

Tempat festival ini diadakan di Pantai Padanggalak, Sanur, Bali. Tapi kemungkinan juga di berbagai daerah di bali juga mengadakan festival laying-layang bersekala kecil, salah satunya di Nusa Penida.

Jenis laying – layangnya pun sangat beragam dan unik sehingga wajib untuk berkunjung ke Bali.

2. Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali adalah festival yang sangat dinantikan oleh masyarakat bali dan wisatan local maupun manca negara.

Pesta keseinian bali banyak menampilkan berbagai jenis kesenian seperti seni tari, music, dan kerajinan tangan tidak hanya daerah bali namun seluruh kesenian yang ada di Indonesia.

Tidak hanya ajang untuk memamerkan kesenian namun juga ada banyak sekali kuliner khas bali dan kuliner nusantara yang sangat wajib untuk di coba.

Pesta Kesenian Bali (PKB) dilaksanakan di Art Center, Denpasar, Bali di bulan juni sampai juli selama satu bulan.

3. Festival Ogoh – ogoh

Di Bali pada bulan maret tepat sehari sebelum Hari Raya Nyepi selalu diselenggarakan festival ogoh-ogoh.

Masyarakat bali percaya, Ogoh-ogoh merupakan tradisi wajib dilaksanakan sebelum penyepian sebagai upaya pembersihan atau menjauhkan unsur-unsur negative.

Festival ogoh – ogoh ini mepertunjukan boneka berbetuk sedemikian rupa sebagai symbol unsur-unsur negative yang di arak layaknya carnival, sehingga menjadi daya Tarik bagi banyak wisatawan.

Festival ini diadakan sore menjelang malam disetiap penjuru bali.

4. Festival Nusa Penida

Festival Nusa Penida diadakan sebagai upaya mempromosikan temapat wisata indah yang ada di pulau kecil yaitu nusa penida.

Tidak hanya memperkenalkan keindahaan alamnya festival ini juga memperkenalkan budaya, tradisi, serta kesenian masyarakat nusa penida serta dimeriahkan oleh berbagai penampilam artis local bali dan artis nasional.

Sehingga wajib berkunjung ke Nusa Penida untuk berwisata dan menikmati keindahaan alammya. Terima kasih telah berkunjung dan sekian untuk pembahasan artikel mengenai 4 Festival Budaya diselengarakan Setiap Tahun WAJIB KE BALI! 

Advertisement