23.4 C
New York
Senin, Juni 7, 2021
Informasi7 Tips Terbaik Cara Budidaya Rumput Laut

7 Tips Terbaik Cara Budidaya Rumput Laut

- Advertisement -

InfoPenida.Com, Tips Terbaik Cara Budidaya Rumput Lautara Budidaya Rumput Laut, Banyak sekali macam-macam bisnis sederhana yang dapat menghasilkan keuntungan melimpah. Salah satunya adalah budidaya rumput laut. Rumput laut memiliki banyak sekali manfaat.

Beberapa manfaat di antaranya adalah mencegah kanker, mencegah stroke, mencegah penuaan dini, mencegah penurunan kecerdasan, dan masih banyak lagi manfaat lain dari rumput laut. Dengan mengandalkan segala manfaat tersebut, tentu siapa saja bisa mendapatkan peluang keuntungan yang sangat besar dari membudidaya rumput laut.

Terbukti dengan hasil olahan rumput laut yang diekspor oleh Menteri Kelautan dan Perikanan sebesar 53,5 ton ke Vietnam pada tahun kemarin. Mereka mendapatkan keuntungan dari eskpor tersebut hampir mencapai nominal Rp 700.000.000 (Tujuh Ratus Juta Rupiah).

- Advertisement -

Sangat menarik tentunya…, Peluang keuntungan yang sangat besar ini tentu juga bisa ditiru oleh para petani, pebisnis pribadi, bahkan setiap orang. Terlebih lagi bagi Anda tinggal di pesisir pantai. Sangat disayangkan sekali jika Anda tidak mencoba bisnis budidaya rumput laut ini.

Dengan melihat keuntungan tersebut, pasti sangat menarik untuk dicoba. Selain itu, budidaya rumput laut nyatanya tidak sulit untuk dilakukan dan modal usaha yang diperlukan pun juga tidak terlalu besar. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik membudidaya rumput laut atau sedang mengelolanya saat ini.

- Advertisement -

Ikutilah beberapa tips terbaik cara budidaya rumput laut yang telah kami sediakan dalam pembahasan kali ini. Pahami baik-baik pembahasan ini supaya Anda mengerti bagaimana proses budidaya rumput laut yang baik dan benar.

Panduan Cara Budidaya Rumput Laut

Cara Budidaya Rumput Laut
Cara Budidaya Rumput Laut

1. Pemilihan Lokasi Budidaya Rumput Laut

Langkah awal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya rumput laut adalah memilih lokasi budidaya terlebih dahulu. Untuk menghasilkan rumput laut yang baik, maka diperlukan pemilihan lokasi yang baik pula.

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi budidaya rumput laut :

  • Pastikan kedalaman air tidak kurang dari 70 cm saat surut rendah. Dan tidak lebih dari 200 cm saat air sedang pasang.
  • Lokasi terlindung dari ombak dan angin kencang.
  • Perairan yang cukup tenang.
  • Perairannya harus subur.
  • Lokasi harus didukung dasar perairan yang bersifat substrat (berlumpur atau sedikit berpasir).
  • Lokasi memiliki persediaan rumput alami.

2. Melakukan Uji Penanaman

- Advertisement -

Jika sudah menemukan lokasi yang sesuai dengan kriteria di atas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji penanaman. Tujuan dari melakukan uji penanaman ini adalah untuk melihat potensi lokasi penanaman agar dapat meminimalisir kerugian di masa mendatang. Melakukan pengujian di lokasi penanaman bisa dilakukan dengan menggunakan metoda jaring dan tali.

Tali yang digunakan adalah tali monofilament. Ikatlah tali tersebut pada 2 tiang dengan ketentuan jarak 10 – 12 meter. Untuk menguji penanaman dengan metode tersebut. Gunakanlah jenis tali monofilament dengan ukuran 5 x 2,5 meter dan kaitkan tali tersebut pada tiang pancang juga.

3. Memilih Metode Budidaya Rumput Laut

Terdapat tiga metode budidaya rumput laut yang bisa dilakukan. Bergantung pada posisi tanaman dan dasar perairan, tentu harus menyesuiakan dengan metode yang dipilih. Berikut merupakan beberapa pilihan metode budidaya rumput laut yang bisa Anda terapkan.

Metode Dasar

Melakukan penanaman budidaya rumput laut dengan metode dasar merupakan cara budidaya rumput laut dengan bibit diikat, kemudian ditebarkan ke dasar perairan.

Metode Lepas Dasar

Melakukan penanaman rumput laut dengan metode lepas dasar merupakan cara budidaya rumput laut dengan mengikatkan benih pada rentangan tali nilon. Metode lepas dasar masih terbagi menjadi tiga tehnik, yaitu tehnik jaring lepas dasar, tunggal lepas dasar, dan jaring lepas dasar berbentuk tabung.

Metode Apung

Metode apung atau floating method bisa juga disebut sebagai rekayasa dari metode lepas dasar di atas. Metode apung ini juga terbagi menjadi beberapa tehnik, yaitu tehnik tali tunggal apung dan jaring apung.

4. Pemilihan dan Pengumpulan Bibit

Untuk pemilihan bibit dari tips budidaya rumput laut sendiri dilakukan dengan cara mengumpulkan dari pembibitan langsung. Bibit yang dikumpulkan pastinya harus memiliki kualitas yang baik. Berikut merupakan ciri-ciri bibit rumput laut yang baik :

  • Warnanya lebih cerah
  • Tidak terlihat bercak sama sekali pada batangnya
  • Rimbun dan memiliki banyak cabang
  • Tidak mengelupas
  • Berumur sekitar 25 sampai 35 hari
  • Dikumpulkan langsung dari lokasi perairan

5. Cara Menanam Bibit Rumput Laut

Siapkan tali terlebih dahulu untuk menggantung bibit, kemudian ikat bibit pada tali penggantung. Setelah itu, panjangkan tali berisikan ikatan rumput lalu dan posisikan sekitar 30 cm di dasar lokasi perairan. Jarak paling ideal untuk rentangan tali berkisar sekitar 20 sampai 30 cm.

6. Proses Perawatan Rumput Laut

Proses perawatan rumput laut harus dilakukan dengan baik dan benar supaya dapat memberikan hasil yang memuaskan. Berikut merupakan langkah-langkah terbaik untuk merawat rumput laut :

  • Perhatikan hama secara berkala, seperti teripang, bulu babi, larva bulu babi, dan ikan herbivora.
  • Bersihkan talus rumput laut secara berkala dari hama tanaman yang tumbuh di sekitar lokasi penanaman.
  • Pastikan selalu ada cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam lokasi penanaman rumput laut.
  • Pastikan tali penggantung selalu bersih dari sampah atau kotoran liar.
  • Ganti tali penggantung secara berkala.
  • Periksa rumput laut dari segala gangguan penyakit.

7. Proses Panen Rumput Laut

8 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut wajib Anda Ketahui untuk Kesehatan
8 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut wajib Anda Ketahui untuk Kesehatan

Bergantung pada tujuan budidaya rumput laut yang Anda inginkan, proses panen yang dilakukan tentunya berbeda. Jika tujuan budidaya rumput laut yang Anda lakukan untuk pembibitan, maka rumput laut bisa dipanen pada umur 25 – 35 hari.

Sedangkan, jika budidaya yang Anda lakukan untuk tujuan bisnis dengan penghasilan tinggi, maka umur paling tepat untuk melakukan panen ada setelah 45 hari.

Nah.., jadi itulah dia panduan lengkap mengenai tata cara budidaya rumput laut terbaik yang bisa Anda terapkan.Demikianlah pembahasan artikel ini kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai atausedang mengelola budidaya rumput laut. Terimakasih

- Advertisement -
Deva Setiawanhttps://www.infopenida.com/
Seorang pemuda ganteng yang hanya suka menulis dan membagikan informasi menarik di Internet. Instagram @furyouknowchan
- Advertisement -

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -