Beranda Informasi 4 Kumpulan Cara Menanam Bonsai Terbaik Bagi Para Pemula 2021

4 Kumpulan Cara Menanam Bonsai Terbaik Bagi Para Pemula 2021

0
Cara Menanam Bonsai Terbaik Bagi Para Pemula
Tanaman Bonsai Terbaik, Tata Cara memelihata Tanaman Bonsai

Cara Menanam Bonsai – Para pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan bonsai. Ini merupakan salah satu tanaman hias yang sering kali digunakan untuk menghiasi taman maupun ruang di rumah. Bonsai bukanlah sebuah tanaman, ini merupakan tehnik yang digunakan untuk membuat tanaman agar menjadi lebih menarik. Semua jenis tanaman bisa dihias dengan menggunakan tehnik bonsai. Bergantung pada jenis tanaman yang kamu pilih, tentunya perawatan yang dilakukan juga berbeda.

Meski proses pembuatan dan perawatan cara menanam bonsai bisa dibilang cukup sulit. Justru tanaman ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sabar dan tekun dalam merawatnya. Tanaman bonsai bisa juga dijadikan sebagai bisnis tanaman hias. Semua orang pasti tahu bahwa tanaman bonsai memiliki harga jual yang cukup mahal.

Baca Juga : GREGET BANGET! Pengendara Fortuner Todong Pistol Ke Arah Warga Setelah Tabrak Motor 2021

Bergantung pada kebutuhan cara menanam bonsai yang ingin kamu terapkan, entah itu untuk kebutuhan bisnis, kebutuhan pribadi, atau hanya sekedar hobi saja. Mungkin beberapa kumpulan Cara Menanam Bonsai di bawah ini dapat membantu kamu menghasilkan tanaman bonsai dengan kualitas yang baik.

Tata Cara Menanam Bonsai

1. Memilih Tanaman Bonsai

Cara Menanam Bonsai
Cara Menanam Bonsai, 1. Memilih Tanaman Bonsai

Yang pertama cara menanam bonsai yaitu memilih tanaman untuk dijadikan bonsai tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Tanaman bonsai merupakan hasil dari tanaman yang diambil dari alam, mulai dari biji-bijian, cangkok, setek, enten, maupun okulasi. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih tanaman untuk dijadikan bonsai. Tanaman yang kamu pilih harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan.

Baca Juga : Kerja Sama Indonesia dengan Cina sebesar USD 1,38 M, Mendag: Datangkan 150 Perusahaan di Kalimantan Barat

Ini merupakan salah satu langkah yang sangat perlu kamu perhatikan untuk menghasilkan tanaman bonsai yang baik nantinya. Beberapa kriteria tanaman yang baik untuk dijadikan bonsai adalah merupakan tanaman dikotil, memiliki umur panjang, dapat bertahan dalam cuaca apapun, dan memiliki bentuk yang indah secara alami seperti pinus, beringin, bougenvill, dan masih banyak lagi.

2. Memilih Media Tanam Bonsai

Cara Menanam Bonsai Terbaik Bagi Para Pemula
Cara Menanam Bonsai Terbaik, 2. Memilih Media Tanam Bonsai

Seperti yang kita ketahui, tata cara menaman bonsai biasanya diletakkan pada pot berukuran kecil dan tipis. Ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kamu untuk merawatnya dengan tekun. Media pot berukuran kecil dan tipis ini dapat menyebabkan bonsai hanya memiliki persediaan nutrisi yang terbatas, dan bahkan sensitif terhadap air siraman atau air hujan. Dari sini kita harus benar-benar bisa merawatnya dengan baik. Oleh karena itu diperlukan tekad yang kuat ketika ingin menanam dan memelihara tanaman bonsai.

Meski media tanam yang digunakan untuk bonsai terbatas akan nutrisi dan sensitif terhadap air siraman atau air hujan. Semua hal itu bisa diatasi dengan dengan mudah menggunakan beberapa komponen atau bahan tambahan yang berguna untuk membantu kelanjutan pertumbuhan bonsai. Beberapa komponen atau bahan tambahan yang diperlukan meliputi pasir, tanah, humus, kompos, dan pupuk kandang.

3. Penanaman dan Perawatan Tanaman Bonsai

Cara Menanam Bonsai
Perawatan Tanaman Bonsai

Cara Menanam Bonsai, Penanaman bonsai dilakukan dengan pemilihan batang utama dari tanaman yang dipilih. Batang utama memiliki daya tahan yang sangat kuat. Itulah alasan mengapa kamu harus memilih batang utama dari tanaman yang kamu pilih untuk dijadikan bonsai. Setelah itu, bentuklah pola tanaman sesuai dengan seleramu. Pada tahap pembentukan pola pohon bonsai ini bahan utama yang perlu kamu gunakan adalah kawat.

Baca Juga : Menyambut Libur Paskah 2021, Jumlah Pendatang ke Bali Meningkat di Bandara Ngurah Rai

Lakukan juga pemeriksaan ranting dan cabang yang tumbuh secara bertahap agar hasil pola pohon bonsai sesuai dengan harapan. Selain itu, hal paling penting yang perlu kamu perhatikan adalah dalam pemilihan tanah. Tanah sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pertumbuhan pohon bonsai. Pilihlah tanah dengan kadar humus kecil dan jangan lupa untuk selalu menjaga kelembaban tanah tersebut.

Selain itu cara menanam bonsai, jangan biarkan tanah terlalu banyak air atau sampai membuat tanah tersebut menggumpal. Hal ini dapat mengancam/menyebabkan pertumbuhan tanaman bonsai tidak bisa tumbuh dengan baik dalam jangka waktu panjang.

4. Tahap Pembentukan Bonsai

Perawatan Tanaman Bonsai

Dalam tahap ini kamu perlu ekstra sabar agar dapat menghasilkan pola tanaman bonsai yang sesuai dengan keinginanmu. Percaya bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Oleh karena itu terapkanlah beberapa tahap yang akan kami jelaskan di bawah ini dengan baik. Berikut merupakan beberapa tahapan pembentukan pola tanaman bonsai.

Pembentukan Kerangka Dasar

Kriteria atau syarat yang tepat untuk melakukan pembentukan kerangka dasar bonsai adalah dengan menunggu tanaman tumbuh secara sehat kembali setelah mengalami pemindahan. Inti dari pembentukan kerangka dasar ini adalah batang utama dari tanaman yang dipilih untuk dijadikan bonsai sudah tidak tergoyahkan lagi dan telah mencapai ketentuan tinggi yang diperlukan.

Sebelum melakukan pembentukan kerangka dasar. Ada baiknya jika kamu melakukan pemetaan atau gambaran terhadap bentuk bonsai yang kamu inginkan terlebih dahhulu. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempermudah proses pembentukan kerangka dasar yang akan kamu lakukan nantinya.

Pembentukan Pola (Arah dan Bentuk)

Pada tahap ini mungkin akan cukup menguras tenaga, karena batang pokok dan dahan-dahan yang akan dibentuk harus dilakukan dengan paksaan agar dapat menyesuaikan dengan pola bentuk tanaman bonsai yang kamu inginkan.

Untuk mempermudah tahap ini, maka diperlukan sebuah kawat, tang pemotong kawat, tang runcing, gunting pemangkas, gunting biasa, pisau tajam, tali rafia, dan cellotape.

Baca Juga : 3 Destinasi Wisata Nusa Penida 2021 Terbaik Wajib Anda Kunjungi

Kesimpulan

Dari semua tata cara yang telah kami jelaskan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa menanm dan merawat bonsai harus memerlukan ekstra kesabaran agar dapat menghasilkan bonsai yang sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu bulatkan tekadmu jika memang ingin menanam dan menghasilkan bonsai dengan kualitas yang baik.

Demikianlah pembahasan artikel ini kami buat. Dan terimakasih karena telah mengunjungi artikel ini. Jika kamu merasa informasi dalam artikel ini menarik dan bermanfaat. Silahkan komen dan share artikel ini.