21.2 C
New York
Selasa, Agustus 3, 2021
InformasiKenali Lebih Jauh Sejarah Perkembangan Smart Home Wajib Paham 2021!

Kenali Lebih Jauh Sejarah Perkembangan Smart Home Wajib Paham 2021!

- Advertisement -

Infopenida.com, Sejarah Perkembangan Smart Home. Mungkin dari sebagian anda sudah mengetahui istilah Smart Home. Smart Home adalah konsep hunian yang sudah diintegrasikan dengan smart home system di dalamnya. Anda bisa dengan mudahnya mengatur dan mengontrol seluruh perangkat elektronik dalam satu genggaman.

Namun Sejarah Perkembangan Smart Home, agar semua itu bisa berjalan perlu adanya koneksi internet yang memadai agar semua perangkat terhubung dengan sistemnya. Jauh sebelum itu, awal mulanya bisa tercipta smart home karena adanya konsep IoT (Internet of Things).

IoT  (Internet of Things) merupakan sebuah konsep untuk memanfaatkan konektivitas internet agar bisa terhubung satu sama lain. Dengan menerapkan konsep IoT memungkinkan untuk berbagi data, mengontrol sesuatu, bahkan bisa diimplementasikan pada benda di dunia nyata.

- Advertisement -

Kedepannya, konsep ioT akan terus dikembangkan oleh berbagai developer dari belahan dunia. Hal ini dilakukan agar  mempermudah segala kegiatan  dan pekerjaan manusia efisien, efektif dan tentunya lebih mudah dilakukan.

Sejarah Singkat Perkembagan IoT

Sejarah Perkembangan Smart Home
Sejarah Perkembangan Smart Home

Sejarah Perkembangan Smart Home. Pada tahun 1992 tepatnya bulan September, Mark Weiser bersama Xerox PARC menerbikan sebuah artikel bahwa di masa depan elemen – elemen hardware dan software akan saling terhubung satu sama lain, baik melalui kabel, gelombang rado dan inframerah.

- Advertisement -

Pada tahun 2002, Chana Schoenberger menerbitkan sebuah artikel berjudul “The Internet of Things” di majalah Forbes dengan kutipan dari Ashton, “Kita membutuhkan sebuah Internet of Things, sebuah cara standarisaasi komputer mengerti dunia nyata.”

Penyataan ini cukup menarik karena kita sudah merasakan sendiri bagaimana kemajuan teknologi bisa berkembang sangat cepat.

Implemantasi dari IoT Menciptakan Smart Home

Sejarah Perkembangan Smart Home. Salah satu hasil impelementasi dari konsep IoT adalah terciptanya Smart Home atau rumah cerdas. Smart Home adalah konsep hunian cerdas yang dilengkapi dengan sistem komputer yang memungkinkan kita mendapatkan kemudahan, kenyamanan, keamanan dan penghematan energi. Karena,  semua perangkat di dalam rumah sudah terhubung oleh smart home system.

- Advertisement -

Sistem Smart Home ini bisa mengendalikan semua peralatan dan perlengkapan di rumah, mulai dari menyalakan lampu dari jarak jauh, mematikan AC, memantau CCTV melalui smartphone. Apalagi, bagi anda yang sering bepergian, dengan teknologi smart home ini akan sangat membantu sekali.

Yang menarik dari teknologi smart home, memungkinkan anda untuk menghemat penggunaan energi listrik. Karena semua peralatan yang ada di rumah, bisa anda atur dalam satu genggaman.

Memang, Sejarah Perkembangan Smart Home bukanlah teknologi masa depan. Karena, dari dulu sudah dibuat teknologi smart home meskipun fitur tidak secanggih sekarang.

Sebut saja remote control penemuan Nicola Tesla pada tahun 1898. Meski pada tahun 1901 hingga 1920 belum ada piranti cerdas, tetapi pada sekitaran tahun tersebut, tercipta alat yang dikenal sebagai vacuum cleaner.

Pada tahun 1996 hingga 1967, tercipta ECHO IV dan komputer dapur. Meski tidak diproduksi secara massal, namun ECHO IV merupakan perangkat cerdas pertama yang bisa mengendalikan suhu rumah serta menghidupkan dan mematikan peralatan.

Itu adalah sebagian contoh dari teknologi smart home yang sudah ada sejak dulu. Penemuan teknologi tersebut menjadi awal mula untuk mengembangkan berbagai teknologi smart home yang lainnya. Jika saya bahas lebih dalam lagi, teknologi smart home bisa diimplementasikan ke berbagai aktivitas di dalam rumah, diantaranya berikut ini :

Mengendalikan Lampu

Hal yang paling umum saat ini ketika menggunakan teknologi smarthome adalah menyalakan/mematikan lampu secara jarak jauh. Anda bisa dengan mudahnya mengontrol lampu tersebut melalui smartphone atau remote khusus yang sudah terintegrasi dengan sistem smart home di rumah anda.

Mengendalikan  AC

Cape habis pula kerja dan ingin suasana rumah dalam keadaan sejuk, anda bisa dengan mudahnya mempersiapkan hal tersebut jika anda mengimplementasikan smart home system di rumah. Begitu anda sampai ke rumah, keadaan suhu yang sejuk dapat meringankan beban pikiran anda.

Memantau CCTV

Bagi anda yang sering bepergian jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Saya rasa, anda wajib mengimpelementasikan teknologi smart home di dalam rumah. Karena, anda bisa dengan mudahnya memantau keadaan rumah melalui smartphone atau komputer yang sudah terintegrasi dengan smart home system di rumah.

Sistem Keamanan

Selain CCTV, sistem keamanan yang dimiliki smart home akan otomatis mengaktifkan alarm khusus ketika ada maling yang masuk ke rumah anda. Ketika alarm berbunyi, informasi akan terkirim ke anda dan pihak berwajib secara otomatis.

Tirai Jendela

Selain itu, anda bisa mengontrol tirai jendela rumah anda melalui smartphone atau remote khusus. Selain itu, sistem ini akan berfungsi secara otomatis ketika ada cahaya matahari yang berlebihan atau berkurang. Semua ini bisa terjadi karena sistem deteksi cahaya.

Sistem Audio & Video

Bagi anda kaum rebahan akan sangat cocok dengan teknologi ini. Cukup menekan satu tombol saja, sistem audio dan video di rumah anda akan aktif. Anda bisa dengan mudahnya menyaksikan tontonan kesanyangan.

Kesimpulan Sejarah Perkembangan Smart Home

Itulah pembahasan mengenai Sejarah Perkembangan Smart Home yang bisa anda ketahui.  Semoga pembahasan mengenai Sejarah Perkembangan Smart Home bisa memberikan manfaat atau wawasan untuk anda.

- Advertisement -
Deva Setiawanhttps://www.infopenida.com/
Seorang pemuda ganteng yang hanya suka menulis dan membagikan informasi menarik di Internet. Instagram @furyouknowchan
- Advertisement -

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -